🔔Aktifkan notifikasi Disini Google News

Surat Al-Fatihah Al-Qur'an, Arab Latin Terjemahan Keutamaan dan Sejarah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ bismillāhir-raḥmānir-raḥīm Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. 2 اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ ا

Al-Qur'an Surat Al-Fatihah 1-7 (Bacaan Lengkap, Arab, Latin, Terjemahan, Keutamaan dan Sejarah)

Surat Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah (Pembukaan): Arab, Latin, & Terjemahan

Putar Surat :

1

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.


2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn

Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,


3

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ

ar-raḥmānir-raḥīm

Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,


4

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ

māliki yaumid-dīn

Pemilik hari pembalasan.


5

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.


6

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ

ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm

Tunjukilah kami jalan yang lurus,


7

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

ṣirāṭallażīna an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa laḍ-ḍāllīn

(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Baca Al Quran Surat Al Fatihah Tulisan Arab Beserta Terjemahan Bahasa Indonesia di Muktijoyo.com

Membaca Al Qur'an setiap hari tentu saja mampu mendatangkan manfaat bagi kita seperti mendapatkan pahala untuk mempermudah meraih surga dan juga berbagai ganjaran lainnya. Membaca Al Qur'an setiap hari juga membuat kita senantiasa teringat kepada sang Pencipta sehingga hidup akan terasa lebih tenang dan damai. Namun, jika Anda memiliki mobilitas yang begitu tinggi dan merasa kerepotan membawa kitab Al Qur'an ke mana saja, Anda tak perlu khawatir lagi. Kini, dengan adanya fitur Quran yang tersedia di MuktiJoyo.com, Anda dapat mengakses berbagai surah di dalam Al Qur'an lengkap dari berbagai juz, termasuk surah Al Fatihah yang terdiri dari 7 ayat. Rasakan kemudahan meraih pahala membaca Al-Qur'an harian Anda dengan adanya MuktiJoyo.com sekarang juga. Pasang aplikasinya pada ponsel kesayangan Anda dan temukan berbagai surah Al Qur'an tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang akan membantu Anda memahami Al Qur'an lebih mudah.

Nama Lain dan Kandungan di Dalam Surah Al Fatihah

Surah Al Fatihah merupakan surah pembuka di dalam kitab suci Al Qur'an yang terdiri dari 7 ayat. Surah Al Fatihah juga termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah, yaitu ayat-ayatnya turun ketika Rasulullah hijrah ke Madinah, seperti yang diriwayatkan dari Abu Hurairah. Surat Al Fatihah memiliki 3 nama lainnya, antara lain "as-Sab ul Matsani" yang berarti tujuh ayat yang berulang-ulang, "Asy-Syifa" yang berarti penyembuh atau penawar dari segala racun, dan juga "Ar-Ruqyah" yang secara terminologi berarti doa-doa yang diperuntukkan agar mendapatkan pelindungan dan permintaan tolong dari Allah SWT. Ketujuh jumlah kandungan ayat dalam surat Al Fatihah mencakup intisari dari Al Qur'an. Ayat pertama dan ketiga menjelaskan tentang segala sifat Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ayat kedua berbicara tentang Allah, sang penguasa alam yang menciptakan seluruh alam semesta beserta isinya, sedangkan ayat keempat mengandung arti bahwa hanya Allah lah yang menentukan hari akhir saat kiamat datang nantinya. Ayat kelima memiliki arti bahwasanya tidak ada dzat yang patut disembah dan dimintai pertolongan lagi kecuali Allah SWT. Tidak ada dzat yang mampu menandingi kuasa-Nya, entah itu manusia maupun makhluk lain. Di dalam ayat keenam dan ketujuh terdapat petunjuk agar manusia selalu melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya agar senantiasa hidup di jalan yang benar.

Keutamaan Membaca Surah Al Fatihah

Surat Al Fatihah merupakan surat di dalam Al Qur'an yang paling sering dibaca, bahkan saat kita menjalani ibadah sholat 5 waktu. Maka tidaklah mengherankan jika surah Al Fatihah sudah mulai diajarkan bahkan pada usia dini sekalipun. Membaca Qur'an surah Al Fatihah tidak hanya menjadi sebuah kewajiban yang harus dihafalkan bagi seluruh umat Muslim, tetapi juga memiliki berbagai keutamaan yang sangat besar. Salah satu di antaranya adalah memudahkan agar hajat kita cepat terkabul. Membaca surat Al Fatihah 20 kali setelah melaksanakan sholat fardhu juga diyakini dapat membantu pintu rezeki kita lebih terbuka lebar. Hal yang lebih menarik, dengan membaca surah yang terdiri dari 7 ayat ini juga mampu mendatangkan pahala yang sama banyaknya ketika kita membaca sepertiga Al Qur'an. Bacalah Al Qur'an surah Al Fatihah dan berbagai surah lainnya dengan lebih mudah dan praktis melalui MuktiJoyo.com. Ayo, unduh aplikasinya di ponsel Anda sekarang juga!

Sejarah dan Urutan Penurunan Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah merupakan surat pertama yang diturunkan di Makkah. Hal ini terdokumentasi dalam surat Al-Hijr ayat 87, yang menegaskan bahwa Allah SWT telah memberikan tujuh ayat yang berulang-ulang dan Al-Qur'an yang agung kepada Rasulullah SAW.

Keistimewaan Surat Al Fatihah sebagai Penyembuh

Surat Al Fatihah juga diyakini memiliki keistimewaan sebagai penyembuh penyakit. Kisah-kisah dalam tradisi Islam menggambarkan bagaimana membaca surat ini dapat menyembuhkan penyakit dan meredakan racun dalam tubuh.

Membaca dan memahami surat Al Fatihah beserta maknanya adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim. Surat ini memiliki keutamaan dan keistimewaan yang besar serta memberikan pedoman spiritual dan praktis dalam menjalankan ibadah dan menghadapi kehidupan sehari-hari.

About the Author

Blogger, Web Disainner, Videomeaker, Programmer

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.